Minggu, 08 Mei 2011

Pengembangan Produk Tabungan Batara(BTN) Dalam Menghimpun Dana Masyarakat

PT. Bank Tabungan Negara (Persero) di dalam perkembangannya telah melalui beberapa fase, yang diawali pada masa pemerintah Hindia Belanda tepatnya pada tanggal 16 Oktober 1987. ditegaskan oleh pemerintah hindia belanda dengan mendirikan Postspaarbank di Batavia yang sekarang dikenal dengan nama Jakarta. Tujuan didirikannya adalah untuk memperkenalkan lembaga perbankan dan mendidik masyarakat agar gemar menabung serta bertujuan sebagai lembaga untuk menyimpan uang yang aman dan mudah dengan jaminan pemerintah. Dana yang terkumpul dari masyarakat diharapkan dapat menjadi modal yang besar.
Hingga penghujung tahun 1931 peranan Postspaarbank didalam menghimpun dana masyarakat terus meningkat. Sampai dengan akhir 1939 dana yang berhasil dihimpun sejumlah Rp.54.000.000,- dan dana tersebut digunakan dalam bentuk surat berharga (obligasi atau promise).


Sebagai pedoman dalam rangka mengelola usahanya, Direksi PT. Bank Tabungan Negara (Persero) telah menetapkan Visi dan Misi PT. Bank Tabungan Negara (Persero) yang wajib diketahui, dihayati dan diamalkan oleh setiap karyawannya. Adapun Visi dan Misi PT. Bank Tabungan Negara (Persero) adalah sebagai berikut :
* Visi PT. Bank Tabungan Negara (Persero), yaitu :
- Menjadi bank yang termuka dalam pembiayaan perumahan
- Mengutamakan kepuasan nasabah.
* Misi PT. Bank Tabungan Negara (Persero), yaitu :
- Memberikan pelayanan unggul dalam pembiayaan perumahan dan industri yang terkait, serta menyediakan produk dan jasa perbankan lainnya.
- Menyiapkan dan mengembangkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan professional serta memiliki integritas yang tinggi.
- Meningkatkan keunggulan kompetitif melalui inovasi berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan nasabah.
- Menyelenggarakan manajemen perbankan yang sesuai dengan prinsip kehati-hatian.
- Memperdulikan kepentingan masyarakat dan lingkungannya

Kegiatan utama bank adalah menghimpun dana masyarakat kemudian menyalurkan kembali kepada masyarakat. Untuk melayani kebutuhan masyarakat baik perorangan maupun badan usaha (perusahaan), PT. BTN (Persero) telah menyediakan berbagai macam fasilitas produk yang terbagi menjadi produk dana, produk jasa dan produk kredit.
I. Produk Dana
Produk dana yang dimiliki PT. Bank Tabungan Negara (Persero) antara lain :
1. Tabungan Batara

2. Tabanas Batara

3. Tabungan Haji Nawaitu (Batara Haji)

4. Tabungan Batara Pelajar

5. TAPERUM-PNS

6. Tabungan Batara Prima

7. Deposito Berjangka (Rupiah/Valas)

8. Giro (Rupiah/Valas)

9. Sertifikat Deposito

II. Produk Jasa
Produk jasa yang dimiliki PT. Bank Tabungan Negara (Persero) antara lain :

1. Automated Teller Machine (ATM) Batara

2. Kiriman Uang (Transfer)

3. Inkaso Dalam Negeri

4. Inkaso Luar Negeri

5. Save Deposit Box (SDB)

6. Setoran Ongkos Naik Haji (ONH)

7. Transaksi Impor dengan L/C

8. Transaksi Ekspor dengan L/C

9. Jual Beli Valuta Asing

10. Bank Garansi

11. Remittance Service

http://worldfriend.web.id/pengembangan-produk-tabungan-batara-dalam-menghimpun-dana-masyarakat-
SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar